15 Ide Bisnis Sampingan untuk Pelajar dan Mahasiswa

Loading...

Menjadi mahasiswa tidak melulu soal belajar, kamu dituntut untuk selalu peka dan kreatif terhadap sesuatu. Kamu harus bisa mandiri dan tidak menjadi beban orang tua, minimal bisa untuk makan sehari-hari.

Dengan begitu, kamu bisa tetap menghasilkan uang sembari kuliah. Kamu bisa memilih bekerja kepada orang lain atau memulai bisnis sendiri.

Ide Bisnis Sampingan untuk Pelajar dan Mahasiswa
pixabay.com

Bisnis online untuk mahasiswa


Kalau kamu tipikal orang yang suka tantangan dan berani mengambil risiko, membuka bisnis kecil-kecilan mungkin bisa menjadi langkah yang terbaik. Adrenalinmu akan lebih tertantang selama menjadi mahasiswa, berbeda dengan mereka yang hanya mengandalkan kiriman dari orang tua.

Selain untuk menambah uang saku, berbisnis sewaktu menjadi pelajar atau mahasiswa juga bisa menjadi modal dan pengalaman yang akan digunakan setelah lulus nanti. Kamu juga tidak perlu pusing dengan keuangan sebelum lulus dan tidak pusing mencari-cari pekerjaan setelah lulus kuliah.

Masa-masa duduk di bangku kuliah juga menjadi momentum terbaik untuk memulai bisnis, karena di umur yang masih muda biasanya kamu tidak takut gagal atau kebanyakan mikir. Hal ini tentu bisa berdampak baik untuk masa yang akan datang, karena kamu sudah pernah melalui prosesnya.

Nah, berikut ini beberapa ide bisnis sampingan untuk pelajar dan mahasiswa yang bisa kamu coba sekarang juga.

1. Bisnis Les Privat dan Bimbel


Kalau kamu punya skill mengajar, cobalah ide bisnis sampingan yang satu ini. Kamu bisa memberi les privat kepada anak-anak yang lebih muda entah itu SD, SMP atau SMA. Silahkan tentukan sendiri kemampuan dan wawasanmu ada di jenjang yang mana.

Misalnya kamu itu jago Bahasa Inggris, maka kamu bisa mengajar mata pelajaran umum mengenai Bahasa Inggris. Selain mendapat penghasilan, kamu juga secara tidak langsung telah meningkatkan skill mengajar dan memperdalam penguasaan materi.

Jika kamu ingin lebih mudah dalam mencari orang, kamu juga bisa mendaftar menjadi Guru Privat di Ruangguru.com. Situs tersebut diperuntukkan untuk para pelajar yang ingin belajar secara online guna meningkatkan wawasan dan pemahaman materi.

2. Bisnis Jasa Pengetikan dan Print


Sebagai mahasiswa, kamu tentu sangat sering mendapat tugas baik itu berupa makalah, proposal atau skripsi. Yah, dunia perkuliahan memang sangat bersahabat dengan tulisan dan cetakan.

Oleh karena itu, bisnis jasa pengetikan dan print bisa menjadi primadona bagi mahasiswa. Karena biasanya banyak mahasiswa yang tidak memiliki perangkat cetak dan malas untuk mengetiknya.

Kalau kamu serius ingin mencoba bisnis ini, pastikan terlebih dahulu kamu punya passion dan waktu luang untuk mengerjakan pesanan pelanggan. Jangan sampai kamu malah keteteran sendiri karena management waktu yang buruk.

3. Bisnis Penulis Lepas, Copywriter atau Jasa Penerjemah


Mirip dengan bisnis pengetikan, bisnis yang satu ini sama-sama membutuhkan skill menulis yang mumpuni. Bedanya, kamu bisa mendapatkan client dari situs online seperti freelance.com, sribu.com dan lain sebagainya. Bentuk tulisannya juga bervariasi tergantung dari permintaan client seperti puisi, cerpen, rubrik, berita, artikel dan lain sebagainya. Memang diperlukan

Kalau kamu punya keterampilan translator bahasa, manfaatkanlah hal itu dengan menjadikannya sebagai salah satu cara untuk mencari uang. Kamu bisa menyesuaikan bahasa yang kamu kuasai seperti translator Bahasa Jerman, Bahasa Inggris, Bahasa Prancis, Bahasa Mandarin dan lain sebagainya. Bisnis ini tidak hanya digandrungi oleh mahasiswa, namun orang umum juga banyak yang membutuhkan..

Kamu hanya membutuhkan laptop, smartphone dan koneksi internet untuk memulai bisnis yang satu ini. Namun pastikan terlebih dahulu kamu sanggup menyelesaikan pesanan sesuai deadline yang telah ditentukan.

4. Bisnis Pulsa Elektrik


Banyak sekali pelajar atau mahasiswa yang berbisnis pulsa elektrik karena cukup mudah dilakukan. Selain modalnya tidak terlalu besar, bisnis pulsa elektrik juga bisa mendatangkan keuntungan yang lumayan jika dikelola dengan benar.

Keuntungan yang didapat dalam sekali penjualan sekitar Rp 500 – Rp 1500. Meski keuntungan yang didapat tidak terlalu besar, namun lumayanlah buat jajan sehari-hari.

Tetapi, kamu juga perlu memperhitungkan risiko di bisnis ini. Siapkan mental kalau ada yang hutang pulsa, terutama kalau pelangganmu itu teman atau kenalan. Ini tentu akan menyusahkan sewaktu membeli saldo kembali.

Jadi, kamu perlu mempersiapkan berbagai kemungkinan dengan matang sebelum memulai bisnis ini.

5. Bisnis Jualan Makanan Kecil


Kalau kantin sekolah lokasinya cukup jauh dari kelas, ada peluang bisnis yang bisa kamu lakukan. Dengan menjual makanan kecil di sekitar kelas, kamu bisa mendapatkan keuntungan yang lumayan. Coba jajakan makanan ini ketika pergantian mata pelajaran atau waktu istirahat. Jika timming-nya pas, maka daganganmu akan laris diserbu teman-teman yang sedang kelaparan.

6. Bisnis Online Shop


Ide bisnis sampingan untuk mahasiswa yang tak kalah menarik adalah online shop. Kamu bisa menjual berbagai macam hal seperti kemeja, kaos, sepatu, aksesoris, casing handphone dan lain sebagainya.

Kamu bisa memasarkan produk secara online seperti Instagram, Facebook, Blog, Marketplace, Olx dan forum jual beli lainnya. Dalam hal ini, kamu bisa menjualnya dengan menjadi reseller atau dropship. Jadi, kamu tidak perlu modal banyak saat memulainya. Cukup berbekal smartphone dan internet kamu sudah bisa mendapatkan keuntungan yang lumayan.

7. Bisnis Web Development dan Blogger


Jika kamu seorang mahasiswa Teknik Informatika, ada bisnis sampingan yang cocok untuk dijalankan. Untuk menjalankan bisnis ini, kamu perlu memiliki skill pemrograman seperti kode HTML, PHP, ASP, MySQL dan bisa menggunakan CMS..Kamu bisa membuat website, e-commerce atau blog untuk dijual kepada pelanggan dengan tarif tertentu.

Selain itu, kamu juga bisa merangkap menjadi blogger professional dengan mengupdate konten blog secara berkala. Dengan begitu, kamu bisa memonetize blog dengan berbagai macam cara seperti affiliate produk, pasang iklan mandiri, ikut program PPC (Pay-Per-Click) dan lain sebagainya.

8. Bisnis Jual Beli Buku Bekas


Sudah menjadi keharusan bahwa seorang mahasiswa memerlukan buku-buku akademik demi menunjang aktivitas perkuliahannya. Peluang ini tentu bisa dijadikan bisnis dengan menjual buku bekas yang harganya lebih murah.

Buku akademik bekas ini bisa menjadi solusi untuk memangkas pengeluaran mahasiswa. Kamu bisa bekerja sama dengan pengepul buku, teman, atau orang lain yang sudah tidak membutuhkannya lagi. Selanjutnya, kamu bisa menjual buku itu kepada teman atau orang yang sedang membutuhkan.

9. Bisnis Jasa Pengiriman


Ide bisnis sampingan mahasiswa ini bisa memanfaatkan kendaraan roda dua, yaitu bisnis jasa antar barang yang ada di sekitar kampus. Ini juga patut dicoba mengingat keuntungan yang didapat lumayan besar kalau kamu tekun. Untuk menjalankan bisnis ini, kamu hanya perlu motor, SIM dan mengenal dengan baik lokasi pengiriman.

10. Bisnis Jasa Desain Grafis


Bisnis ini sangat cocok bagi mahasiswa DKV (Desain Komunikasi Visual) atau mahasiswa yang suka desain secara otodidak. Kamu bisa menawarkan jasa desain grafis kepada mahasiswa satu kampus, dosen dan orang lain. Untuk mempermudah, kamu juga bisa membuat portofolio desain dengan memanfaatkan Instagram.

Memang bisnis ini menuntut keahlianmu dalam menjalankan software seperti CorelDraw, Ilustrator atau Photoshop untuk mendesain sesuatu. Misalnya mendesain kaos, desain website, edit foto, desain logo, dan lain sebagainya.

Kalau kamu bisa mempromosikan jasamu dengan benar, keuntungan yang didapatkan bukan main-main. Perusahaan corporate juga bisa saja tertarik kalau hasil karyamu bagus dan menarik.

11. Bisnis Jasa Fotografi dan Video

Seperti yang kita tahu, di zaman sekarang banyak sekali orang yang membutuhkan foto dan video berkualitas untuk berbagai kepentingan. Nah, kalau kamu merasa mahir dalam menjepret dan merekam objek, kamu bisa mencoba bisnis jasa fotografi dan video.

Selain untuk menambah uang saku, bisnis ini juga bisa melatih skill untuk masa mendatang. Untuk memulai bisnis jasa fotografi dan video, kamu perlu kamera yang cukup bagus agar hasilnya memuaskan.

Semakin bagus hasil jepretan atau rekamannya, semakin mahal pula harga yang bisa kamu ajukan. Namun untuk awal-awal, pasang harga yang standar saja.

12. Bisnis Jasa Jual Barang Bekas


Meski terkadang dipandang sebelah mata, namun bisnis jual beli barang bekas cukup menggiurkan bila dilakukan dengan benar. Barang bekas bahkan bisa saja menjadi sangat berarti bagi orang yang membutuhkan misalnya barang bekas antik dan langka.

Kamu bisa menawarkan jasa jual barang ini ke teman kampus dan ajaklah bekerja sama dengannya. Pemasarannya sendiri bisa dilakukan dengan banyak cara, salah satunya dijual di social media atau di olx.

13. Bisnis Jual Kaos


Menjual kaos mungkin sudah banyak digandrungi banyak orang. Kamu sebagai mahasiswa juga bisa memulai bisnis ini, karena pasarnya sangat luas. Semua orang tentu membutuhkan kaos bukan?

Kamu bisa bekerja sama dengan teman yang memiliki hubungan dengan konveksi dan sablon. Agar semakin menarik, kamu juga bisa menambahkan desain kaos yang keren sehingga bisa lebih laku. Biasanya, desain inilah yang akan memengaruhi orang untuk membeli.

14. Bisnis Jual Produk Digital


Kalau kamu punya keahlian tertentu seperti koding (pemrograman), coba buatlah Ebook yang berisi tutorial basic untuk memahami bahasa pemrograman yang kamu pahami. Setelah itu, kamu bisa menjual Ebook tersebut ke forum-forum tertentu misalnya saja di Ratakan.com.

Selain Ebook, kamu mungkin bisa membuat software, plugin, theme blog dan game untuk dijual secara online. Entah itu di Playstore atau perorangan, kamu bisa memaksimalkannya sendiri.

15. Bisnis Reparasi Perangkat Elektronik


Terakhir, kamu bisa mencoba peruntungan dengan memperbaiki perangkat elektronik. Memang diperlukan keahlian khusus namun kamu bisa mendapat penghasilan yang cukup menggirkan.

***
Baca juga  Nomor telepon gojek cara daftar gojek cara daftar grabbike

Beberapa bisnis yang sudah kami sebutkan tadi sebenarnya bisa dikembangkan untuk beberapa waktu berikutnya. Kalau kamu sudah mendapatkan pola bisnisnya, maka setelah lulus nanti kamu tidak perlu repot-repot untuk melamar kerja ke perusahaan orang lain. Yang ada, kamu malah bisa membuka perusahaan sendiri dan membantu teman-teman yang bingung mau kerja dimana.

Namun tetap saja, yang namanya bisnis tentu ada pasang surutnya. Kamu sebagai mahasiswa juga dituntut untuk bisa membagi waktu antara sekolah, belajar dan berbisnis. Kalau manajemen waktunya buruk, hasilnya tentu akan berantakan dan mungkin bisa bikin kamu stress. Penting juga untuk menentukan bisnis yang sesuai dengan passion dan keterampilan agar nantinya tidak jenuh.

Saran terakhir, take action sekarang juga!

Loading...

0 Response to "15 Ide Bisnis Sampingan untuk Pelajar dan Mahasiswa"

Posting Komentar