Gojek atau Grabbike: Mana yang Terbaik ?

Loading...

Gojek dan Grabbike merupakan dua jenis provider ojek online yang berkembang dengan pesat dan banyak digunakan oleh masyarakat di jaman sekarang. Kemudahan dalam melakukan pemesanan yakni melalui smartphone serta harga yang digadang gadang lebih murah, membuat kedua provider ojek online tersebut bertahan dan bahkan semakin berkembang hingga sekarang.

Selain itu, layanan ojek motor tersebut pun bermanfaat, terutama bagi mereka yang tinggal di kota kota besar untuk menembus kemacetan dan sampai di destinasi mereka dengan tepat waktu.

Gojek atau Grabbike: Mana yang Terbaik ?

Sudah tentu kedua provider tersebut memiliki layanan dan keunggulannya masing masing yang dibuat untuk memanjakan penggunanya. Namun, kira kira manakah yang lebih baik antara Gojek dan Grabbike? Jika anda penasaran, maka coba simak penjelasan di bawah ini.

Kelancaran Aplikasi yang Dimiliki


Untuk memesan ojek online baik dari Gojek ataupun Grabbike, pengguna membutuhkan sebuah aplikasi yang dapat diunduh atau di download ke smartphone mereka masing masing. Dari aplikasi tersebutlah pengguna dapat melihat fasilitas yang tersedia dan ditawarkan oleh provider masing masing.

Banyak orang mengatakan bahwa dari segi aplikasi, Grabbike dianggap paling baik karena cenderung lebih stabil dan jarang error. Selain itu, driver Grab juga cenderung lebih teratur dalam menggunakan seragam serta atribut lengkapnya. Yang menarik, tarif yang ditawarkan juga sudah dalam bentuk fixed rate.

Hal ini berbeda dari Gojek. Gojek sendiri sebenarnya sudah memiliki tariff dalam bentuk fixed price, namun hal ini tak berlaku untuk rush hour atau jam jam sibuk. Artinya, pada rush hour atau jam jam sibuk biasanya tariff yang dikenakan akan sedikit lebih tinggi atau naik dari tariff normal.

Untuk berkomunikasi dengan calon penumpang, para driver dari Gojek masih mengandalkan fasilitas telepon selular misal dengan cara sms atau telepon, sehingga memungkinkan para driver untuk mengetahui nomor telepon penumpang.

Sedangkan Grab sudah memiliki fasilitas chat dan panggilan telepon dalam aplikasi milik mereka sehingga memungkinkan driver tak harus mengetahui nomor telepon pengguna sehingga privasi lebih bisa dijaga.


Tawaran Fasilitas yang Dapat Digunakan


Selanjutnya mari kita melihat dari segi banyaknya fasilitas yang tersedia dan ditawarkan. Menurut data, Gojek ternyata merupakan provider ojek online yang menawarkan lebih banyak layanan untuk konsumen. Sebut saja beberapa layanan tambahan seperti GoFood (layana pesan dan antar makanan), GoSend, GoGlam dan lain sebagainya. selain itu, kita juga patut berbangga karena Gojek merupakan layanan yang dibuat 100% oleh anak bangsa Indonesia.

Bagaimana dengan Grab? Sepertinya hingga sekarang Grab hanya menyediakan layanan untuk ojek motor atau yang lebih dikenal dengan nama GrabBike dan layanan ojek online dengan armada mobil.

Banyaknya Pengalaman di Indonesia


Jika berdasarkan pengalaman di Tanah Air, Gojek dapat dibilang selangkah lebih maju karena memiliki setidaknya 2500 armada ojek di Jakarta dan belum di tempat lainnya. karena itulah, Gojek mungkin lebih familiar terlebih dahulu di ibukota dan kota kota lainnya dibandingkan dengan grab.

Gojek pun memiliki pengalaman lebih banyak di Indonesia dengan telah lama membangun infrastruktur yang menyediakan berbagai macam layanan selain ojek motor online. Seperti yang sudah disampaikan diawal bahwa Gojek juga memiliki layanan lain seperti Gofood, Gosend dan lain sebagainya. Gojek biasanya juga lebih mudah dijumpai di berbagai kota di Indonesia.


Namun, ini bukan berarti GrabBike dapat diremehkan. Dengan banyaknya dana dan reputasi yang dapat dibilang besar di berbagai Negara, Grabbike memiliki potensi untuk menyamakan diri dengan Gojek atau bahkan mengunggulinya. Hal ini mungkin saja terjadi apabila Grabbike menggunakan banyak teknologi baru dan lebih baik, menggencarkan upaya pemasaran atau marketing mereka dan merekrut banyak driver baru.

Selain itu, Grabbike juga melebarkan sayap mereka di Negara Negara lain khususnya yang terletak di Asia Tenggara seperti Malaysia, Indonesia, Vietnam, Philipina, Singapura dan Thailand. Hal ini membuat Grab memang lebih populer di dunia Internasional.

Diskon yang Diberikan


Banyak orang yang mengatakan bahwa tariff ojek online lebih murah dibandingkan ojek biasa pada umumnya. Namun tentu saja fasilitas diskon masih menarik dan dapat menjadi pertimbangan seseorang dalam memesan layanan ojek online bukan?

Grabbike memiliki salah satu kampanya promosi diskon yang bernama GrabMasnya. Grab bahkan sering dan secara agresif memasukkan banyak kampanye diskon tematik di dalam layana mereka dimana konsumen dapat memasukkan kode tertentu untuk mendapatkan potongan harga atau bahkan gratis untuk melakukan perjalanan.

Bagaimana dengan Gojek? Gojek pun menawarkan diskon untuk mengurangi tariff biaya perjalanan hingga 50% apabila para pengguna membayar dengan uang elektronik yang bernama GoPay. Namun, promosi atau diskon tersebut dapat berubah karena biasanya hanya berlaku selama periode tertentu.

Untuk itu, usahakan untuk selalu mengetahui dan banyak membaca mengenai potongan atau diskon yang tersedia jika anda ingin memesan ojek online.

Tarif Mana yang Lebih Murah?


Nah, ini merupakan salah satu hal yang mungkin paling membuat penasaran. Berbicara mengenai tariff, Gojek dan Grabbike memiliki tariff yang berbeda, namun tetap saja masih terhitung murah. Untuk Gojek, tariff yang dikenakan adalah sekitar Rp 2.500 per Km untuk 12 km pertama. Setelah melebihi 12 km, maka tariff akan naik menjadi 3000 rupiah per km nya.

Untuk Grabbike, tariff yang ditawarkan cenderung lebih murah, yakni Rp 1750 per km nya untuk 12 km pertama. Jika perjjalanan yang dipesan melebihi 12 km, maka tariff akan naik menjadi Rp 3000 per km. sebagai catatan, tariff tersebut dapat naik sewaktu waktu sesuai kebijakan dari perusahaan atau kebijakan dari pemerintah.

Yang membuat kedua provider tersebut sama adalah biaya ekstra yang dikenakan untuk rush hour atau jam sibuk. Berikut merupakan jadwal jam sibuk yang dimiliki oleh GrabBike dan Gojek:

Pagi: Jam 06.00 – 09.00
Sore: Jam 16.00 – 19.00

Biaya tambahan pada jam sibuk biasanya dikenakan oleh GrabBike dimana anda harus membayar biaya ekstra sebesar Rp 2500 rupiah pada jam jam tersebut.

Hal lain yang perlu diketahui adalah tariff minimum yang dimiliki oleh Gojek. Tariff minimum untuk jam sibuk adalah Rp 10.000 sedangkan pada jam tidak sibuk adalah Rp 6.000. Jadi, sebelum memesan pastikan bahwa tariff perjalanan anda melebihi tariff minimum tersebut agar dapat menggunakan layanan dari Gojek.

Untuk tariff minimum, sejauh ini GrabBike tidak memiliki aturan mengenai tariff minimum sehingga anda dapat memesan dengan tariff berapapun.

Intinya, baik Gojek ataupun Grab memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri sendiri yang bisa anda pilihh sesuai dengan keyakinan anda. jika ini kali pertama anda menggunakan jasa mereka, maka tak ada salahnya untuk mencoba keduanya sehingga lebih dapat mengetahui layanan manakah yang sekiranya lebih cocok dan sesuai.

Bagaimana apakah anda tertarik menggunkan apikasi gojek dan Grabbike silahkan downloads di playstore. Namun jika anda ingin cari uang di Gojek maupun Grabbike anda bisa langsung daftar gojek atau daftar Grabbike di kota anda. Karena hampir semua kota besar di indonesia sudah ada kantor perwakilannya.

Loading...

0 Response to "Gojek atau Grabbike: Mana yang Terbaik ?"

Posting Komentar