10 Ide Bisnis untuk Karyawan yang Bisa Anda Coba Sekarang Juga!

Loading...

Menjadi karyawan tidak hanya tunduk kepada atasan. Di luar itu semua, karyawan juga masih bisa tumbuh dan berkembang menjadi pribadi yang lebih baik dari waktu ke waktu.

Kalau Anda termasuk karyawan di salah satu perusahaan, Anda masih bisa memiliki usaha sampingan untuk menambah penghasilan tambahan.

Nah, berikut adalah beberapa ide bisnis untuk karyawan yang bisa Anda coba sekarang juga!

ide bisnis untuk karyawan
Credit: Pixabay.com


1. Jasa Laundry


Di tengah kesibukan kerja, terkadang kita malas untuk mencuci baju dan menyetrika baju. Semua orang pun menginginkan hal yang sama, ingin serba praktis dan tinggal pakai saja.

Kalau Anda hidup di perkotaan, maka bisnis jasa laundy cukup banyak diminati. Carilah tempat yang banyak karyawan swasta, PNS atau mahasiswa karena pangsa terbesar bisnis laundry ya mereka-mereka ini.

Maka dari itu, wajar rasanya kalau profit yang akan Anda dapatkan sebesar 10% – 25% dengan asumsi tarif laundry antara Rp 4000 – Rp 6000 per kilogramnya.

Modal yang dikeluarkan juga tidak terlalu besar, hanya Rp 10 juta saja untuk membeli mesin cuci, mesin pengering, timbangan, setrika dan perangkat pendukung lainnya. Bahkan menurut beberapa sumber, Anda bisa memulai bisnis sampingan ini dengan modal Rp 7 jutaan saja.

Untuk awal-awal, Anda bisa memulainya seorang diri atau merekrut 1 karyawan terlebih dahulu dengan gaji antara Rp 700 – 1 juta per bulannya.

2. Menjual Makanan untuk Sarapan


Sebagai karyawan, Anda bisa memulai menjual makanan untuk sarapan kepada teman-teman Anda di kantor. Mungkin ada banyak teman Anda yang belum makan di rumah karena cukup merepotkan.

Selain di kantor, Anda juga dapat memanfaatkan halaman depan rumah untuk berjualan. Anda bisa menawarkan berbagai macam makanan seperti nasi uduk, bubur ayam, nasi kuning, kupat tahu, gorengan, dan lain sebagainya. Intinya, sajikan menu yang ringan-ringan untuk menambah semangat di pagi hari.

Modal awal untuk usaha sampingan ini bisa Anda mulai dari Rp 3-4 jutaan saja setiap bulannya. Sekitar 75% dana tersebut bisa digunakan untuk bahan baku seperti beras, tahu, daging ayam, telur, terigu, tempe, sayuran dan bumbu dapur.

Selebihnya bisa digunakan untuk transportasi, gas dan lain sebagainya. Kalau Anda bisa memilih pasar yang potensial, bukan tidak mungkin Anda bisa memperoleh profit sebesar RP 1,5 – 2 juta per bulannya.

Jika usaha Anda dalam sebulan kelihatan berhasil, Anda bisa melanjutkan usaha ini dengan memperbesar modalnya. Sewaktu bisnis ini sudah mendatangkan cash-flow yang lancar, Anda juga bisa resign dari kantor Anda untuk memperbesar bisnis ini.

3. Menjual Aneka Kue


Kalau Anda itu perempuan, mungkin saja Anda bisa membuat kue lalu menjualnya ke orang-orang di sekitar Anda. Dengan berbagai resep yang ada di internet, Anda bisa menjual berbagai macam kue, entah itu kue basah ataupun kue kering.

Kue basah itu seperti pukis, brownies, bika ambon, martabak, banana cake, bolu cokelat, banana cake, rainbow cake, apem, onde-onde, apem, mpe-mpe dan klepon.

Sedangkan untuk kue kering misalnya sandwich coklat mint, nastar durian, putri salju, cookies lemon, kukis selai kacang, walnut cream chees, biscuit dan masih banyak lagi.

Silahkan pilih mana yang terbaik untuk Anda, tentunya dengan mempertimbangkan keahlian Anda dalam memasak.

4. Bisnis Jasa Fotografi atau Menjual Foto di Internet


Bisnis yang satu ini sangat layak dicoba jika Anda hobi fotografi. Anda bisa membuka jasa fotografi atau menjual foto di internet dengan tarif tertentu.

Untuk jasa fotografi, Anda bisa promosi hasil karya Anda di Instagram, Facebook atau melalui mulut ke mulut. Target pasarnya juga bervariasi, mulai dari anak sekolahan yang ingin buat yearbook, acara pernikahan, acara ulang tahun dan event-event lainnya. Silahkan Anda coba sendiri, mana yang paling cocok dengan Anda.

Sedangkan untuk bisnis jual foto, ada banyak situs yang bisa Anda coba. Beberapa diantaranya yaitu ShutterStock.com (komisi 20-30%), IstockPhoto.com (komisi 15% per foto), StockFresh.com, Fiverr.com atau Fotolia.com.

Berhubung situs tersebut berasal dari luar negeri, maka Anda perlu mempersiapkan akun Paypal untuk menerima komisi dari situs tersebut.

Modal yang dikeluarkan hanya kamera digital yang Anda miliki dan koneksi internet untuk mengakses situs-situs tersebut. Sangat murah bukan?

5. Jasa Desain Grafis


Anda suka desain grafis? Jika iya, cobalah untuk mempromosikan keahlian Anda ke orang lain. Anda bisa mendesain kartu nama, logo, maskot, poster, fashion, interior, dan animasi.

Kalau ternyata masih susah mencari client, Anda bisa memanfaatkan situs online yang berasal dari Indonesia seperti Sribu.com, Projects.co.id dan Kreavi.com. Selain itu, ada juga situs desainer grafis luar negeri seperti Elance.com, Upwork.com dan 99designs.com untuk menjangkau pasar yang lebih luas.


Modal yang dibutuhkan mungkin hanya laptop/komputer, software dan internet saja. Selebihnya, skill dan kreativitas Anda yang menentukan. Jadi, bisa dibilang bisnis sampingan ini ‘nyaris’ tanpa modal.

6. Jasa Cuci Motor


Jenis usaha sampingan untuk karyawan ini sebenarnya relatif lebih mudah dibanding jasa cuci mobil. Alat yang dibutuhkan pun sangat sederhana, Anda cukup menyediakan pompa air, kompresor, shampoo motor, kain lap (basah-kering) dan peralatan semir ban motor.

Untuk modalnya sendiri, Anda hanya perlu memulai dengan budget Rp 2-3 jutaan saja. Kalau ingin yang lebih professional, Anda mungkin bisa mengawalinya dengan modal Rp 10 juta.

Dari Rp 10 juta itu, Anda bisa membaginya mengalokasikannya ke beberapa hal. Misalnya Rp 2,5 juta untuk sewa tempat, Rp 5 juta untuk memboyong berbagai peralatan dan sisanya untuk gaji karyawan dan biaya operasional.

Anda bisa juga menganut sistem bagi hasil dengan karyawan, seperti 40% untuk Anda dan 60% untuk karyawan setiap ada pelanggan.

Asalkan tempat cuci motornya potensial, Anda bisa mendapat keuntungan yang lumayan dari bisnis ini.

7. Jual Beli Motor Bekas


Selain jasa cuci motor, Anda mungkin bisa memulai bisnis jual beli motor bekas. Bisnis sampingan ini juga memiliki supply dan demand yang cukup besar. Namun, diperlukan ketelitian dan analisa yang cukup baik agar tidak merugi nantinya.

Sementara itu, modal yang dibutuhkan juga tidak selalu harus besar. Bahkan kalau Anda punya relasi, jadi makelar atau perantara saja sudah bisa mendapat hasil yang lumayan.

Hanya bermodal kepercayaan, Anda juga bisa mendapat keuntungan dari jual beli ini. Contohnya saja Anda membeli motor bekas milik saudara lalu menjualnya ke teman kantor Anda yang sedang membutuhkan. Belum lagi kalau Anda mendapat komisi dari si pemilik motor, tentu keuntungannya berlipat ganda.

Kalau harus mengeluarkan modal, mulailah dengan membeli motor seken yang harganya di bawah Rp 10 juta. Pastikan kondisi motor baik dan surat-suratnya lengkap (STNK, BPKB).

Setelah itu, Anda bisa menjual motor bekas kembali ke orang lain. Anda juga bisa menjual motor di Olx atau grup Facebook untuk pemasaran online.

8. Makelar Properti


Di lingkungan tinggal Anda ada perumahan atau apartemen baru? Jika ya, Anda bisa menjadi makelar properti tersebut dengan menawarkan ke teman-teman kerja Anda.

Tentu saja, Anda harus bekerja sama dulu dengan pihak pemasaran properti tersebut sehingga Anda tahu batas profit atau bonus yang akan Anda dapatkan seandainya Anda bisa menjual sebuah unit atau lebih.

Untuk menjadi makelar properti, Anda tanpa perlu modal dalam bentuk uang. Modal yang Anda perlukan berupa kepercayaan, baik dari pemilik atau calon pembeli properti.

Selain itu, Anda mesti memiliki sedikit ilmu pemasaran agar lancar menawarkan properti ke teman-teman kerja Anda atau orang lain.

9. Membuat Warkop Sederhana


Ide bisnis ini sangat pas kalau rumah Anda atau tempat yang Anda sewa berada di sekitar kampus, kawasan industri atau lokasi yang ramai. Bisnis warkop ini kalau ditekuni dengan serius bisa menghasilkan keuntungan yang besar loh.

Sebagai ilustrasi, modal segelas kopi mungkin hanya Rp 1500 tapi Anda bisa menjualnya hingga Rp 3500 – Rp 6000. Anda juga bisa menjual makanan dan minuman yang lainnya seperti teh manis, jus, susu, gorengan, mie instan rebus/goreng dan sejenisnya. Lumayan bukan?

Lantas, berapa modalnya? Anda bisa mulai usaha dengan modal sekitar Rp 7-10 jutaan saja. Alokasi dananya bisa untuk menyewa tempat, membeli peralatan dan hire pegawai untuk mempermudah pekerjaan. Nantinya, bisnis warkop ini juga bisa dibesarkan lagi agar lebih langgeng ke depannya.

10. Menjual Pakaian Murah


Menjual pakaian murah bisa Anda lakukan untuk membuat bisnis sampingan. Selain sebagai kebutuhan primer manusia, pakaian juga tahan lama.

Kekurangan bisnis ini adalah biasanya banyak orang yang mengutang sehingga menghambat perputaran modal dan keuntungan Anda.

Seperti yang kita tahu, pakaian sudah menjadi kebutuhan pokok manusia sejak dahulu. Otomatis, pangsa pasarnya sangatlah luas dan terbuka lebar untuk dibisniskan.

Kalau Anda tertarik, Anda bisa memulainya dengan modal yang kecil terlebih dahulu. Misalnya Anda modal Rp 1 juta untuk testing, nanti kalau laris manis Anda bisa menambahnya menjadi lebih besar lagi.

Dalam hal ini, Anda bisa memanfaatkan media online sebagai channel pemasarannya. Dengan begitu, Anda bisa menjangkau orang-orang di seluruh Indonesia.

Dimana membeli pakaiannya? Anda bisa membelinya secara online atau offline dengan harga grosir. Untuk membeli secara online, Anda bisa mengecek beberapa supplier berikut ini:

Dewagrosir.com
Deltagrosir.com
Tanahabangpgmta.com
Bursatanahabang.com

Selain itu, Anda juga bisa mencari toko lainnya di marketplace seperti Lazada, Tokopedia dan Shopee. Setelah membeli, Anda bisa memasarkannya secara langsung ke orang-orang terdekat Anda atau memasarkannya secara online melalui Facebook, Instagram atau toko online sendiri.
Baca juga:
Ide bisnis untuk pemilik sepeda motor
Ide bisnis untuk Ibu rumahtangga
Ide bisnis untuk pelajar dan mahasiswa
Cara daftar Gojek

Penutup
Modal kecil bukanlah masalah bagi Anda untuk memulai usaha. Karena banyak sekali ide bisnis untuk karyawan yang bisa Anda coba dengan modal yang kecil. Mungkin saja, pendapatan usaha sampingan Anda malah lebih besar dari gaji Anda sendiri. So, kapan mau mencoba?

Loading...

0 Response to "10 Ide Bisnis untuk Karyawan yang Bisa Anda Coba Sekarang Juga!"

Posting Komentar