8 Berkas Lamaran kerja lengkap yang harus ada siapkan saat melamar kerja

Loading...

Berkas lamaran kerja menjadi hal yang sangat penting saat anda akan melamar pekerjaan. Berkas tersebut haruslah lengkap. Tidak boleh kurang satupun, Karena akan merugikan anda jika tidak lengkap. Biasanya perusahaan akan menolak surat lamaran kerja jika berkas lamaran kerja yang di lampirkan tidak lengkap.

Apalagi jika anda akan melamar sebagai seorang CPNS tentu hal tersebut menjadi sangat penting untuk di siapkan jauh jauh hari. Sampai saat ini kepemilikan KTP elektonik menjadi hal yang wajib anda punyai.

contoh Berkas Lamaran kerja lengkap


Jika anda masih memegang KTP lama atau masih berupa surat keterangan KTP lebih baik anda urus KTP elektronik dari sekarang.

Selain KTP Elektronik hal lain yang harus anda siapkan jauh jauh hari adalah Surat keterangan Catatan Kepolisian atau SKCK. Untuk membuat SKCK anda harus mengurusnya di Polres tempat anda berdomisili.

Contoh berkas lamaran kerja lengkap

Berikut adalah beberapa dokumen yang umum menjadi sebuah persyaratan dalam melamar pekerjaan. Dokumen tersebut biasanya ada yang Asli dan ada juga yang cukup dengan menyerahkan photo copy nya saja. 

Jadi sesuaikan saja dengan informasi yang anda terima. perusahaan menginginkan dokumen asli atau photocopy.

1. Berkas Photo copy KTP

Photo kopy KTP atau identitas diri menjadi hal yang wajib anda sertakan saat melamar kerja. Ini untuk melihat data diri anda yang sebenarnya. Mulai dari nama lengkap. TTL, Jenis kelamin dan Alamat tempat tinggal. ( untuk melamar CPNS KTP harus di legalisir dinas catatan sipil, Itu dulu saat saya mencoba melamar sebagai CPNS daerah, tidak tau kalau untuk persyaratan CPNS 2018 )

2. Pas Photo

pas photo terbaru juga harus anda siapkan. Biasanya ukuran 4x6 atau 3x4. Bisa hitam putih maupun berwarna.

3. Photocopy Ijasah

Photocopy Ijasah terakhir yang sudah di legalisir oleh pihak sekolah aatau Universitas. ( Biasanya aslinya juga di suruh bawa dan di tunjukkan saat anda wawancara kerja.

4. Photo copy Transkrip nilai

Ini kadang di minta. kadang juga tidak. namun tidak ada salahnya anda menyiapkan transkrip nilai yang sudah di legalisir.

5. SKCK

Ini sudah saya singgung sedikit di Atas. Untuk SKCK anda lebih baik membuat yang baru. Karena ada perusahaan yang mengharuskan SKCK terbaru tidak boleh lebih dari 3 bulan masa berlaku SKCK tersebut.

Lagian di dalam SKCK juga ada keterangan SKCK tersebut akan di gunakan untuk apa.

6. Berkas Daftar Riwayat hidup

Untuk daftar riwayat hidup atau CV anda buat sendiri. Bisa tulis tangan, memakai MS word atau dengan menggunkan aplikasi pembuat daftar riwayat hidup. Agar CV anda nampak keren. Untuk aplikasi pembuatan CV anda bisa menggunakan aplikasi daftar riwayat hidup online seperti Canvas atau memakai formulir yang sudah di sediakan oleh Google Doc.


7. Surat keterangan sehat

Untuk mendapatkannya nda bisa memintanya kedokter atau ke puskesmas terdekat.

8. Surat lamaran kerja

Ini dokumen yang wajib anda siapkan. jangan sampai lupa mau melamar kerja tapi tidak membuat surat lamaran kerja kan tidak lucu. Jika anda masih bingung cara membuat ssurat lamaran kerja ada baiknya anda baca contoh surat lamaran kerja terbaru

Nah, sekarang anda sudah paham apa saja berkas yang harus di siapkan saat anda akan melamar pekerjaan. Daftara berkas lamaran kerja tersebut merupakan bahan acuan. Kadang perusahaan tidak meminta berkas tersebut secara lengkap seperti dalam daftar. Atau barang kali perusahaan meminta berkas lain tidak sesuai contoh di atas.

Info penting bagi anda yang sekarang butuh pekerjaan: Cara daftar gojek online 2018

Jadi anda harus teliti dalam membaca syarat syarat lowongan pekerjaan yang perusahaan minta. Jika sudah jelas anda tinggal menyiapkan saja berkas tersebut.

Loading...

0 Response to "8 Berkas Lamaran kerja lengkap yang harus ada siapkan saat melamar kerja"

Posting Komentar